Untuk Mengakses Blog Ini , Harap Aktifkan Javascript Di Dalam Pengaturan Browser.

Laporan Pemeliharaan mesin di Excel

Laporan Pemeliharaan mesin di Excel - Pencatatan sebuah mesin di sebuah pabrik sangat penting untuk sebuah laporan pemakaian mesin. disamping untuk riwayat pemakaian, laporan ini juga bisa buat dasar untuk menganalisa sebuah mesin terkait apa saja yang sering ada kendala dalam pemakaiannya. 

Pengertian Mesin

Mesin adalah alat mekanik atau elektrik yang mengirim atau mengubah energi untuk melakukan atau alat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Biasanya membutuhkan sebuah masukan sebagai pemicu, mengirim energi yang telah diubah menjadi sebuah keluaran, yang melakukan tugas yang telah disetel. Wikipedia

mesin perkakas untuk menggerakkan atau membuat sesuatu yang dijalankan dengan roda, digerakkan oleh tenaga manusia atau motor penggerak, menggunakan bahan bakar minyak atau tenaga alam. Kbbi

Pengertian Microsoft Excel

microsoft excel adalah sebuat sistem yang canggih untuk mengolah data secara efisien, excel juga bisa memvisualisasikan sebuah data menjadi lebih menarik.

Definisi Microsoft Excel 

Dikutip dari Buku Pintar Microsoft Excel (2009) karya Osdirwan Osman, Microsoft Excel adalah program aplikasi dari microsoft yang digunakan untuk mengolah angka.  

Penyajian serta pengolahan data pada Microsoft Excel dilakukan secara cepat dan akurat, untuk keperluan informasi kuantitatif, seperti angka, tabel, ataupun grafik. 

Menurut Sumarno dalam buku Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (2020), Microsoft Excel merupakan salah satu produk perangkat lunak untuk pengolahan data yang dibuat oleh Microsoft.

Agak berbeda dengan program aplikasi Microsoft lainnya, Excel berbentuk lembaran tabel yang tersebar atau yang sering disebut spreadsheet. Keahlian utama dari aplikasi ini adalah pengolahan data yang bersifat numerik (angka).

Fungsi Microsoft Excel 

Sebagai aplikasi pengolahan data numerik, fungsi utama dari aplikasi Microsoft Excel ialah membuat, mengedit, menganalisa dan meringkas data yang sifatnya numerik. Aplikasi ini juga berfungsi untuk menjalankan perhitungan aritmatika maupun statistika.
Lebih spesifiknya, Microsoft Excel memiliki sejumlah fungsi, sebagai berikut: 
  1. Untuk membuat daftar laporan keuangan 
  2. Pembuatan daftar nilai dan daftar hadir 
  3. Melakukan operasi perhitungan seperti kali, bagi, dan mencari rata-rata 
  4. Perhitungan kurs mata uang 
  5. Pembuatan grafik serta tabel, diagram batang, diagram garis, serta diagram lingkaran
  6. Membantu penyelesaian soal logika dan matematika Untuk membuat penyanjian data lebih tepat, rapi serta akurat 
  7. Melakukan perhitungan secara otomatis dengan menggunakan rumus serta logika

Tutorial Mencari Data Ganda di excel

Dalam tutorial Report Maintenance Engineering di Excel ini, Anda akan mempelajari cara menggunakan, cara mengelola data excel Interaktif di Excel 2010, Excel 2013, Excel 2016, Excel 2019 atau Office 365 - untuk pengguna Pemula atau Tingkat Lanjut.



Baca Juga :