PURCHASE ORDER MICROSOFT EXCEL

3 Menit Membaca
Purchase Order Microsoft Excel Purchase Order Adalah dokumen resmi pertama yang dikeluarkan oleh pembeli kepada penjual yang disepakati untuk produk atau layanan dan digunakan untuk mengontrol pembelian produk dan layanan dari pemasok eksternal.

Apa perbedaan antara faktur dan Purchase Order ?

Purchase Order (PO) adalah formulir pemesanan resmi yang diisi oleh pembeli untuk mengkomunikasikan layanan dan produk tertentu yang disetujui pembeli untuk dibeli dari penjual, termasuk deskripsi, jumlah, dan harga. Faktur dibuat oleh penjual untuk menagih klien untuk produk dan layanan. Pesanan pembelian bukanlah tagihan.

 

Ketika penjual menerima pesanan pembelian, itu menjadi perjanjian yang mengikat secara hukum antara penjual dan pembeli. Penjual kemudian akan menyiapkan faktur sebagai tanda terima pembayaran yang sudah diterima, atau untuk meminta pembayaran. Ketika PO digunakan, faktur harus menyertakan Nomor PO sebagai referensi. Ketika produk dikirim, penjual menyertakan slip pengepakan dalam paket yang harus mengacu pada Nomor PO dan/atau Nomor Faktur.

Baca Juga :

 

Tujuan Purchase Order adalah untuk mengkomunikasikan secara tepat apa yang ingin Anda beli dari penjual, bagaimana Anda ingin pesanan dan pengiriman ditangani, dan untuk memberikan catatan resmi (yaitu kontrak) yang dapat membantu melindungi pembeli dan penjual jika ada masalah dengan pembayaran atau pengiriman. Sistem pesanan pembelian sangat penting dalam bisnis ketika banyak orang menangani pembelian, inventaris, dan akuntansi.

Cek juga : Surat Jalan Otomatis di excel

Untuk membuat PURCHASE ORDER, ikuti langkah-langkah berikut:

Sesuaikan Purchase Order dengan menambahkan nama, kontak, dan informasi pengiriman perusahaan Anda.

Tambahkan informasi kontak penjual di bagian Vendor.

Simpan salinan cadangan file Anda (mungkin salinan terpisah untuk setiap vendor utama).

Setelah Anda melengkapi formulir pemesanan, simpan salinannya untuk keperluan arsip.

Simpan PO sebagai file PDF dan kirimkan melalui email ke pemasok Anda.

Anda dapat menggunakan Data Purchase Order Tracker untuk melacak PO yang Anda buat. Melakukan hal ini juga akan membantu Anda mengetahui PO# apa yang harus ditetapkan untuk pesanan berikutnya. 



Jangan lupa LIKE, SHARE, COMENT & SUBSCRIBE .

==================================
Buat kalian yang ingin menggunakan jasa kami
bisa hubungi data di bawah ini.

CONNECT WITH US - ADE KARYADI :
- Email : adekaryadi4@gmail.com
- Instagram : adekaryadi
- Facebook : AKvideo29