Untuk Mengakses Blog Ini , Harap Aktifkan Javascript Di Dalam Pengaturan Browser.

Invoice Otomatis di excel

FAKTUR INVOICE TAGIHAN OTOMATIS


Invoice Otomatis di excelFaktur invoice tagihan adalah sebuah dokumen komersial yang merinci transaksi antara seorang pembeli dan seorang penjual. Dari transaksi tersebut baik itu pembelian yang dilakukan secara tunai maupun secara kredit, tentu akan memerlukan faktur sebagai bukti transaksinya. Seperti contohnya apabila kamu melakukan pembelian secara kredit, faktur akan merinci segala ketentuan serta kesepakatan yang telah dibuat untuk menyediakan sebuah informasi terkait beberapa pembayaran yang tersedia.

Invoice Otomatis di excel

Dalam kehidupan sehari-hari faktur atau yang biasa lebih dikenal sebagai kwitansi atau sebuah bentuk tagihan. Faktur juga identik dengan bentuk fisiknya karena biasanya disertai dengan beberapa salinan sehingga pembeli dan penjual keduanya memiliki bukti transaksi yang digunakan sebagai catatan.

Seiring perkembangan zaman yang sudah serba digital beberapa perusahaan memilih menggunakan faktur yang sudah berbentuk elektronik, namun tetap dapat dicetak dalam bentuk hardcopy sesuai dengan request pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut. Faktur memiliki 2 tipe dimana ada faktur pembelian dan faktur penjualan, keduanya juga memiliki manfaat yang berbeda, karenanya kita akan membahasnya satu persatu.

Faktur pembelian 

Faktur ini sebenarnya memiliki banyak manfaat, namun kadang orang-orang tidak menyadarinya sehingga saat selesai melakukan transaksi akan langsung membuat faktur pembelian barangnya. Karena itu inilah beberapa manfaat faktur pembelian:

Faktur pembelian memiliki sejumlah kegunaan, antara lain:
  1. Menjadi bukti fisik tertulis bahwa barang/jasa yang dibeli sesuai dengan keinginan pembeli.
  2. Bukti informasi nilai tagihan serta termin pembayaran yang harus dibayar konsumen atau PKP pembeli.
  3. Sebagai dokumen yang memperkuat klaim konsumen atau PKP pembeli saat barang/jasa yang diberikan oleh penjual tidak sesuai dengan pesanan.
  4. Menjadi bukti yang valid apabila BKP yang tercantum dalam invoice akan dijual kembali ke pihak lain. Apabila PKP pembeli BKP merupakan distributor, maka harga yang tercantum bisa menjadi patokan harga jual ke pihak lain.
  5. Menjadi dokumen yang sah untuk dicatatkan dalam pembukuan.
  6. Sebagai dokumen yang mampu menunjukkan banyaknya persedian barang setelah dilakukan pembelian.

Beberapa manfaat faktur pembelian di atas merupakan dokumen-dokumen yang penting dalam sebuah perusahaan. Selain sebagai bukti, adanya faktur pembelian juga dapat menandakan seberapa banyak barang yang telah dijual, sehingga perusahaan dapat memperbarui stok persediaannya.


Faktur Penjualan

Ada faktur pembelian, ada juga faktur penjualan. Faktur yang satu ini juga tidak kalah penting, karena memiliki beberapa manfaat.

Faktur penjualan memiliki fungsi-fungsi yang sangat baik dalam hal perpajakan maupun dalam hal pembukuan. Berikut beberapa fungsi tersebut,
  1. Sebagai bukti transaksi dalam penyusunan laporan keuangan
  2. Bukti transaksi dalam melakukan pelaporan pajak
  3. Informasi mengenai Pengusaha Kena Pajak (PKP) dan Barang/Jasa Kena Pajak (BKP/JKP)
  4. Informasi jadwal tenggat pembayaran yang harus diselesaikan yang sangat penting dalam manajemen keuangan perusahaan
  5. Bukti Pemesanan jika terjadi kesalahan pengiriman barang pesanan
  6. Dokumen rujukan yang diperuntukkan penjualan kembali barang atau jasa

Kedua dari faktur yang sudah dibahas di atas masing-masing memiliki manfaat yang bisa dirasakan apabila kita memahaminya secara lebih dalam. Setelah memahami kedua jenis faktur beserta manfaatnya.

Secara garis besar kedua dokumen ini memiliki arti yang sama, yaitu bukti atas kegiatan transaksi dari jual beli. Tetapi, kedua hal ini tetap memiliki perbedaan di dalamnya. Ini beberapa perbedaan dari faktur.

Setelah membahas manfaat faktur, jenis faktur yang perlu kamu ketahui lainnya adalah referensi atau contoh faktur yang biasa digunakan oleh banyak usaha di Indonesia. 

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh faktur Excel gratis yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

  l            
                                         



contoh faktur di atas adalah faktur yang paling umum digunakan beberapa orang dalam melakukan transaksi bisnis. Namun, faktur dari setiap perusahaan biasanya berbeda-beda tergantung dari perusahaan tersebut.


Jadi bagaimana contoh faktur di atas cukup membantu mempermudah kamu untuk membuat faktur versi kamu sendiri, bukan?

Tutorial Membuat Invoice Otomatis di excel

Dalam tutorial  Invoice Otomatis ini, Anda akan mempelajari cara menggunakan dan mengelola data excel Interaktif di Excel 2010, Excel 2013, Excel 2016, Excel 2019 atau Office 365 - untuk pengguna Pemula atau Tingkat Lanjut.

Jangan lupa LIKE, SHARE, COMENT & SUBSCRIBE .





Buat kalian yang ingin menggunakan jasa kami
bisa hubungi email di bawah ini.
adekaryadi4@gmail.com


Baca Juga :